Berikut 7 Jenis dan Manfaat Minyak Aromaterapi

jenis dan manfaat aromaterapi

1. Minyak Aromaterapi Bergamot

Diambil dari pohon Beragamia, Minyak yang beraroma jeruk ini sebelumnya banyak ditemukan di wilayah Asean, tetapi sekarang juga bisa ditemukan di daerah lain seperti Italia dan daerah Pantai Gading. Minyak aromaterapi ini sangat populer digunakan secara luas dalam cologne dan parfum.

aromaterapi bergamot

 Manfaat aromaterapi:

  • Efek menenangkan dan merangsang serta dapat menyembuhkan kecemasan anoreksia, stress, depresi dan berbagai infeksi lainnya termasuk infeksi pada kulit seperti eksim dan psoriasis.
  • Minyak aromaterapi dari Bergamot banyak disukai karena bisa bermanfaat untuk menstimulasi hati, sistem limpa dan sistem pencernaan agar bekerja lebih baik lagi.
  • Untuk Kamu yang telah berjuang dengan padatnya pekerjaan dan butuh merilekskan  hati dan fikiran serta ingin mencapai semangat yang telah habis, cobalah gunakan minyak aromaterapi ini untuk pijat agar tubuh bisa lebih santai.
  • Dan minyak ini juga bisa memberi suguhan di wajah biar lebih segar dan terhindar dari beragam permasalahan jerawat serta dapat meminimalisir flek hitam karena manfaatnya juga bisa membantu meminimalisir minyak, mengurangi flek hitam dan jerawat.

 2. Minyak Aromaterapi Chamomile

Adalah fragrance oil yang diekstraksi dari daun camomile dengan dua jenis tumbuhan yaitu chamomile Jerman dan chamomile Romawi. Minyak aromaterapi bisa diekstrak dari kedua jenis tersebut namun sifat pengobatannya agak berbeda.  Kedua jenis chamomile ini bila dicampurkan minyak pijat  bisa digunakan untuk perawatan uap atau bisa juga dicampur krim  dan lotion.

aromaterapi-chamomile

 Manfaat lampe berger aromaterapi:

  • Dapat memberikan efek menenangkan guna meningkatkan mood yang buruk, dapat bertindak sebagai antiseptik antibiotic dan antidepresan natural.
  • Roman Chamomile bisa dimanfaatkan buat mengobati flek-flek pada wajah, psoriasis,  eksim dermatitis, mengatasi jerawat, Pereda nyeri serta penyembuhan bekas luka dan infeksi.
  • Sedangkan untuk camomile Jerman sering dimanfaatkan untuk mengatasi radang saluran kemih serta radang saluran pencernaan. Keduanya mempunyai sifat analgesic yang bisa membantu mengatasi jerawat. Sangat Cocok untuk kita yang mengalami suasana hati tidak menentu dan tingkat stress yang tinggi Kedua hal tersebut jika dibiarkan akan mempengaruhi kesehatan, maka dari itu Istirahatkan dan rilekskan diri kamu dengan aroma yang menenangkan ini.

3. Minayak Aromaterapi Jasmine

Diambil dari sebuah pohon cemara di Negara Cina / Jasminum grandiflorum , Ekstrak jasmine sifatnya agak berbeda bila dibandingkan minyak esensial lain karena membutuhkan proses yang lumayan rumit dimulai dari mengekstrak pelarut kemudian dikombinasikan melalui proses bunga yang ditaruh diatas lemak agar menyerap aroma dan akhirnya akan menghasilkan minyak aromaterapi melati / jasmine yang kita kenal saat ini karena prosesnya cukup lama dan juga mempunyai sifat pengobatan yang kuat. Sehingga menjadikan minyak esensial jasmine merupakan aromaterapi  paling mahal diantara minyak lainnya.

aromaterapi-jasmine

Manfaat aromaterapi:

  • Jasmine sudah banyak dikenal untuk membangkitkan gairah seksual dan bisa meredakan depresi saat proses persalinan.
  • Minyak dapat dilarutkan untuk mandi evaporasi dan pijat
  • Sangat direkomendasikan bagi ibu hamil, orang-orang yang ingin mencoba berhenti merokok, dan bisa digunakan untuk memijat pasangan agar jauh dari keheningan di  “tempat tidur”
  • Dapat membantu masalah kecanduan, permasalahan pernapasan, meredakan rasa tegang dan stres

4. Minyak Aromaterapi Kayu Cendana

Cendana mudah diketahui lewat aromanya yang khas. Aromaterapi Cendana sering dianggap sebagai minyak essensial premium karena butuh waktu lama bagi pohon untuk matang dengan sempurna, ketika sudah matang ini adalah waktu paling bagus ketika ingin menyaring dan mengekstrak minyak esensialnya.

aromaterapi kayu cendana

Manfaat aromaterapi:

Minyak ini mempunyai banyak sekali manfaat, diantaranya yaitu,

  • Manfaat Aroma eksotis yang bisa merangsang hati dan fikiran lebih rileks Karena itu banyak pegiat yoga memanfaatkannya untuk aromaterapi
  • Membantu melindungi kulit terhidrasi serta sebagai anti inflamasi
  • Membantu mengatasi masalah mukosa saluran kemih, meredakan nyeri di dada dan cocok buat semua type kulit asalkan tidak memiliki alergi.
  • Jangan lupa juga untuk memanfaatkan aromaterapi ini ketika kamu berada dengan pasangan karena sifatnya yang bisa membuat rileks agar energi negatif tidak dipancarkan sehingga kamu dan pasangan bisa terhindar dari kejadian tidak mengenakkan ketika keduanya sama sama capek.

5 Minyak Aromaterapi Pohon Teh

Jika kamu hanya ingin menikmati minyak essessial (aromatherapy) saja pilihlah Pohon Teh  karena ini merupakan pilihan paling tepat dan sangat baik digunakan  untuk meningkatkan sistem imun pada tubuh dan memerangi infeksi. Senyawa ini Banyak kita temukan dalam lotion, sampo bahkan obat kumur dengan sifat penyembuhannya yang sangat bagus.

aromaterapi pohon teh

Manfaat aromaterapi:

  • Manfaat fragrance oils Pohon Teh sangat banyak dan daya penyembuhannya lumayan cepat contohnya bisa digunakan sebagai sistem imun tambahan , sekaligus bisa juga mengatasi 3 masalah infeksi yang beragam secara bersamaan
  • Bisa mengobati keadaan kulit yang luka, dapat bertindak sebagai insektisida, mengatasi nyeri otot,  membantu menyembukan luka dingin, flu dan masalah pernapasan.
  • Mengurangi ketombe, Caranya dengan menambahkan beberapa tetes minyak essensial ke sampo untuk memperbaiki kulit kepala kamu
  • Sering digunakan oleh atlet untuk mengobati luka dan memperkuat kondisi badan mereka. Juga cocok untuk kamu pecinta pecinta petualangan dan olahraga.

6. Minyak Aromaterapi Lavender

Lavender adalah minyak essensial aromaterapi yang paling tenar  di pasaran karena mempunyai banyak manfaat baik bagi tubuh. Nama Lavender bersumber dari bahasa Latin Lavera yang berarti membersihkan. Minyak yang diekstrak dari bunganya serta melalui berbagai proses penyulingan uap ini menjadi pilihan favorit karena menjadi bahan utama dari sabun mandi.

aromaterapi lavender

 Manfaat aromaterapi:

  • Bisa dimanfaatkan dengan beragam cara, Bisa untuk minyak pijat , bisa diteteskan beberapa mili ke diffuser bahkan bisa juga diteteskan di bantal Kamu untuk menikmati tidur rileks dan santai
  • Aromanya cukup kuat untuk menghilangkan stress, menyembuhkan masalah migrain dan flu
  • Lavender mempunyai sifat terapeutik berikut antidepresan, antiseptic, antiinflamasi, diuretic, deodorant, dan sifat menenangkan
  • Selain bisa menenangkan fikiran dan tubuh lavender juga bisa mengurangi radang dan membantu pengobatan dengan hanya menggunakannya pada bintik-bintik atau luka karena digigit serangga untuk penyembuhan yang lebih cepat

7. Minyak Aromaterapi Peppermint

Minyak peppermint mempunyai sejumlah sifat baik sebagai obat penenang yang bisa menjadikan kondisi hati lebih senang, fikiran lebih  focus dan tajam, melawan iritasi, kemerahan serta membantu pencernaan.

aromaterapi-peppermint

Manfaat aromaterapi:

  • Bagi Kamu yang mempunyai hari yang sibuk, penuh dengan rapat dan jadwal kegiatan padat.  Peppermint bisa menjadi teman baik dan bisa juga sebagai penyelamat bagi mereka yang kadangkala mengalami sembelit
  • Aromanya sebagai peningkat suasana hati seperti mendapatkan energi tambahan saat terhirup sehingga Kamu bisa lebih sadar,lebih fokus dan teliti Selain dimanfaatkan untuk aromaterapi, peppermint juga dapat dimanfaatkan sebagai obat kumur dan perantara pijat lotion.

Baca juga:

How to use lampe berger

by tokolampe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *