Cara Menggunakan Aromaterapi untuk Memaksimalkan Manfaat

Aromaterapi yang sering disebut juga minyak esensial ini dibuat dari tumbuhan dan minyak nabati yang memancarkan aroma sensasional tersendiri. Dengan demanfaatkan Aromaterapi bisa membantu meningkatkan suasana hati serta bisa menjaga kesehatan fisik dan emosional. Aromaterapi saat ini secara luas dimanfaatkan sebagai terapi alternatif atau terapi tambahan. Aromaterapi mungkin  bisa membantu individu jadi lebih baik secara keseluruhan, Tetapi saat ini para ahli belum dapat menentukan bahwa aromaterapi bisa mencegah atau menyembuhkan penyakit secara nyata.

Teknis kerja Lampe Berger Aromaterapi dan Cara Pengolahannya

Dalam proses pembuatan aromaterapi, tumbuhan akan dicampur dengan lotion minyak / alkohol.  Sejak awal 1900-an, wewangian ini telah populer digunakan  Di wilayah Eropa.

Cara kerja aromaterapi yakni merangsang syaraf pada hidung, Kemudian saraf ini akan mengirimkannya ke otak dan aromaterapi ini akan diatur dalam otak guna memadukannya dengan beragam tipe wewangian dan dampaknya pada tubuh. Enzim dan hormon dalam tubuh juga diyakini dipengaruhi oleh aromaterapi guna menyeimbangkan tekanan darah, mengatasi gangguan saraf dan bagian lainnya pada tubuh. Para ahli juga mengungkap teori ji ka aromaterapi bisa juga digunakan untuk mengurangi depresi, insomnia,  menurunkan tekanan darah dan dapat menghilangkan stres.

Aromaterapi bisa dimanfaatkan dengan berbagai cara.

Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari aromaterapi, berikut ini  beragam cara yang bisa kita lakukan diantaranya sebagai berikut :

Menghirup Uap Aromaterapi

menghirup aromaterapi

Dengan menghirup uap dari minyak aromaterapi bisa membantu mengatasi berbagai penyakit pernapasan seperti pilek dan masuk angin. Pilihlah minyak aromaterapi dari mint, pinus dan eucalyptus. Untuk cara penggunaanya yakni sediakan air panas di sebuah wadah baskom, masukkan sepuluh tetes minyak aromaterapi,  Kemudian silahkan taruh kepala di atas wadah tersebut sambil menutupi nya dengan handuk. Selama beberapa menit, hirup uap tersebut dalam-dalam, dan manfaatkan rasanya.

Memanaskan Minyak  Aromaterapi

aromatherapy lampe berger

Untuk memanaskan minyak aromaterapi bisa menggunakan kompor kecil dan oven yang sudah dilengkapi wadah guna menempatkan minyak aromaterapi tersebut. Bubuhkan 6  tetes minyak dan panaskan dengan api kecil. Aromanya secara cepat akan menyebar ke seluruh ruang. Namun Sayangnya pemanasan minyak aromaterapi juga dapat merusak manfaat dari pengobatannya. Jadi metode ini hanya disarankan jika kamu tidak mementingkan khasiat kesehatannya namun hanya ingin menikmati aromanya saja.

Menyemprotkan Minyak Aromaterapi

aromaterapi semprot

Siapkan air sekitar 180 ml ke wadah / botol semprot. Kemudian tambahkan minyak aromaterapi sekitar 5-10 tetes ke botol tersebut (sekitar 30 ml). Sebelum menggunakan, Kocok dulu botol tersebut, kemudian  semprotkan ke seluruh ruangan untuk memperoleh khasiat dan aromanya.

Penggunaan Diffusers

diffuser aromaterapi

Diffuser ialah alat  yang  memungkinkan minyak aromaterapi bisa  lebih tersebar di ruangan secara lebih luas. Keuntungan lain menggunakan alat ini adalah untuk memecah minyak menjadi partikel terpisah sehingga baunya lebih mudah untuk dihirup. Maka dari itu metode tersebut dipercaya lebih efektif digunakan dalam perawatan tubuh. Metode ini cocok untuk menyeimbangkan kesehatan emosi dan mental seseorang, serta metode ini juga merupakan cara terbaik  untuk menyembuhkan penyakit yang berkaitan dengan paru paru, darah dan otak. Tetapi sebelum memanfaatkannya pastikan diffuser digunakan pada udara dingin dan bukan menggunakan udara panas atau getaran. Dikarenakan jika hal tersebut dilakukan malah akan merusak zat aktifnya.

Digunakan Untuk Kompres

kompres aromaterapi

Perlu kita ketahui minyak aromaterapi juga bisa digunakan untuk mengkompres bagian bagian tubuh yang mengalami sakit. Caranya pertama-tama yaitu siapkan 1 liter air hangat kemudian tambahkan tiga sampai enam tetes minyak dan campurkan semuanya secara merata. Masukkan handuk ke dalamnya,  kemudiarn peras dan oleskan ke bagian tubuh yang terasa sakit selama kurang lebih 20 menit. Ulangi hal tersebut sampai sakitnya berkurang. Otot yang mengalami nyeri karena olahraga, sakit gigi, memar, sakit kepala dan gigitan serangga ialah beberapa penyakit yang bisa diatasi dengan mengompresnya menggunakan minyak aromaterapi

Dimanfaatkan Untuk Mandi

aromaterapi untuk mandi

Penggunaan minyak aromaterapi  saat mandi bisa meningkatkan khasiatnya hingga 10 kali lipat. Cobalah Tambahkan 7 tetes minyak atau lebih  ke wadah air mandi kita.  Ada 2 manfaat ketika kita  mandi dengan campuran minyak aromaterapi. Manfaat Pertama kita  bisa menghirup aromanya. Manfaat Kedua, minyak aromaterapi dapat masuk ke dalam tubuh melewati pori pori dan bisa mengendurkan otot otot yang mengalami letih.

Digunakan Untuk Pijat

pijat aromaterapi

Cara Penggunaanya , campurkan minyak pijat dengan minyak aromaterapi, kemudian gunakan untuk pijat secara merata. Minyak yang diserap oleh tubuh dapat memberikan khasiat kesehatan Sementara itu aroma dari minyak aromaterapi tersebut  bisa  membuat otot lebih santai dan menenangkan.

Walaupun minyak aromaterapi mempunyai banyak khasiat,  pastikan kita sudah memahami penggunaannya. Hindari memberikan minyak aromaterapi kepada anak di bawah 5 tahun karena kulit mereka masih sangat sensitif terhadap minyak yang berbeda-beda. Dan juga pastikan bahwa minyak tidak sampai tertelan karena pada umumnya minyak aromaterapi hanya digunakan untuk obat luar. Harap dicatat juga bahwa sampai saat ini belum ada fakta medis untuk mengasumsikan bahwa aromaterapi dapat sepenuhnya menyembuhkan penyakit. Jadi pertama-tama kita harus sudah memahami manfaat dan prosedur khusus untuk menggunakannya dengan tepat.

 

by tokolampe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *